Selasa, 01 Maret 2011

Antivirus yang Baik

Artikel ini merupakan salah satu artikel antivirus yang akan menjelaskan tentang bagaimana memilih Antivirus terbaik untuk Komputer Anda. Setiap pemilik komputer diwajibkan untuk memasang antivirus di komputer mereka. Hal ini sangat penting untuk tetap menjaga kemampuan komputer kita berfungsi secara semestinya.
Sama seperti halnya manusia, komputer pribadi Anda juga bisa terserang penyakit. Penyakit yang sering menyerang komputer yang sangat meresahkan seperti yang telah kita ketahui adalah virus. Virus komputer pada dasarnya adalah merupakan sejenis program komputer yang bertujuan untuk merusak sistem komputer kita.
Ada berbagai macam virus perusak yang dapat menyerang komputer, namun pada dasarnya virus yang paling meresahkan adalah virus yang merusak atau menghilangkan data dalam komputer.
Sungguh suatu hal yang tentu dapat membuat kita frustasi apabila tiba-tiba data-data penting yang terkait dengan pekerjaan kita hilang begitu saja karena serangan virus. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sebuah antivirus yang dapat melindungi komputer kita.
Setelah Anda mengetahui pentingnya sebuah antivirus dalam komputer, pertanyaan selanjutnya tentu mengarah kepada pemilihan antivirus yang terbaik yang bisa Anda dapatkan. Oleh karena itu, kami akan mencoba membantu Anda mengenai bagaimana memilih antivirus yang terbaik melalui beberapa hal berikut ini:
  • Antivirus adalah sebuah program yang tentu saja berjalan dengan dukungan perangkat keras yang ada di komputer Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapasitas komputer Anda untuk mendukung berjalannya antivirus tersebut.
Program antivirus terbaik yang telah mendapatkan penghargaan seperti Kasperskya, AVG, Norton tentu saja merupakan pilihan yang terbaik. Namun apabila program tersebut tidak dapat dijalankan secara sempurna karena kekurangan kapasitas komputer Anda, maka hal tersebut akan menjadi sia-sia.
  • Periksa kembali apakah sistem operasi komputer Anda dapat mendukung antivirus tersebut. Bagi Anda pengguna Microsoft, tentu saja pemilihan antivirus haruslah sangat diperhatikan.
Hal tersebut penting karena kebanyakan sistem operasi Microsoft saat ini kurang bisa sejalan dengan beberapa program, termasuk antivirus. Ada kalanya Microsoft tidak dapat membaca program baru yang telah di-install, sehingga program tersebut tidak dapat berjalan semestinya.
  • Anda harus memperhatikan kebutuhan personal Anda terhadap antivirus. Ekspektasi apa yang Anda harapkan dari antivirus Anda nantinya? Apakah hanya sekedar untuk menghalangi virus masuk?
Atau Anda juga butuh keamanan dari serangan internet seperti proteksi firewall, malware, dan adware? Antivirus terbaik yang dipublikasikan di berbagai majalah komputer belum tentu bisa membuat Anda puas apabila variasi yang Anda butuhkan tidak tersedia.
  • Pilihlah antivirus yang selalu menyediakan update secara berkala. Virus adalah suatu program yang selalu berkembang secara cepat tanpa bisa kita sadari. Selalu saja ada berbagai macam virus baru yang tidak ketahui dapat kapan saja menyerang.
Virus lama yang sebelumnya bisa diblokir bisa saja kembali menyerang dan tidak terblokir kali ini karena pengaruh perkembangannya. Oleh karena itu penting untuk selalu mempunyai antivirus yang dapat selalu di-update.
Antivirus terbaik semestinya cukup mudah digunakan bagi para pemula. Software antivirus mesti effektif memindai/scanning dan mengidentifikasi serangan virus, begitu juga ketika membersihkan dan mengisolasi file-file yang terinfeksi.
Memiliki laporan yang mudah dimengerti pada setiap scan. Tersedia banyak bantuan/help yg juga mudah dibaca dan dipelajari sehingga kita mengetahui aktivitas dan kapabilitasnya.
Berikut beberapa kriteria yg dapat digunakan untuk mengevaluasi sebuah software anti-virus
Mudah penggunaannya. Software anti virus yg baik harus mudah digunakan, tanpa memandang kemahiran dan pengetahuan kita.
Effektiv ketika mengidentifikasi virus dan semacamnya. Produk antivirus terbaik dapat mengenali data-data yang terinfeksi dengan cepat melalui pemindaian secara real-time, mencari dan menemukan virus pada banyak tempat, termasuk email, aplikasi pesan instant, web browsing dan sebagainya.
Effektiv ketika membersihkan dan mengisolasi file-file yg terinfeksi. Software anti virus yg terpercaya mampu membersihkan dengan sempurna, menghapus atau mengkarantina file-file yg terinfeksi – menghentikan penyebaran virus dalam harddisk atau melalui jaringan.
Laporan Aktivitas. Anti virus yg baik segera memberikan notifikasi dari virus-virus yg ditemukan melalui scanning real time dan menyediakan hasil scanning/pemindaian yg mudah dibaca beserta data virus dan kerusakan yg ditimbulkannya.
Fitur. Adanya fitu-fitur tambahan (plugin) menjadikan sebuah anti virus semakin ampuh dalam memberikan perlindungan. Anti virus yg tangguh selalu menawarkan bermacam tool, mulai dari pemindaian real-time biasa hingga yg lebih canggih, pemindaian heuristik dan pemblokiran script, anti virus semakin baik jika pilihan opsi tungsi toolnya lebih banyak.
Instalasi dan setup yg mudah. Anti-virus semestinya mudah diinstall dan digunakan hanya dnegan beberapa klik mouse saja.
Dokumentasi help/bantuan. Anti virus termutakhir biasanya banyak help-nya, mencakup dukungan via email, chat online atau melalui telepon. Juga mestinya ada dokumen-dokumen online, seperti pengetahuan dasar dan FAQ atau daftar pertanyaan-pertanyan umum seputar software tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar